Cara Memasang Busi Motor yang Benar

Cara Memasang Busi Motor yang Benar

Cara Memasang Busi Motor yang Benar

Cara memasang dan mengencangkan busi yang biasa dilakukan mekanik bengkel, memang terlihat mudah dilakukan sendiri.


Tapi, buat kalian yang mau melakukannya sendiri di rumah, ternyata punya aturan dan tata caranya sendiri agar terhindar dari kesalahan yang sepele namun fatal.

Jadi, jangan menyamakannya sederhana seperti memasang baut, dengan memutar ulir busi di drat terus tinggal pasang dan putar lagi untuk mengencangkan.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, mengatakan, paling sering kejadian pemilik kendaraan melakukan pemasangan busi dengan cara yang salah, terutama saat melakukan pengencangan.

“Memasang busi atau saat mengencangkan itu tidak harus dengan sekuat tenaga, meski memiliki ulir seperti baut, tapi tidak bisa disamakan dengan mengencangkan baut,”

Diko menjelaskan, saat proses pemasangan busi ke silinder head, baiknya dilakukan tanpa kunci atau dengan tangan lebih dulu.

Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa posisi busi dengan drat dalam silinder sejajar.

Putar atau masukan busi hingga posisinya benar-benar tidak lagi bisa diputar dengan tangan atau sudah mentok.

Jika dipastikan sudah tidak bisa diputar dengan tangan lagi, baru dikencangkan dengan menggunakan kunci, namun hal ini pun ada tekniknya.

Seperti yang dijelaskan Diko Oktaviano,

“Saat mengencangkan dengan kunci, untuk busi baru putarannya 180 derajat, sedangkan bila busi yang pernah dipakai dan akan dipasang lagi cukup 1/12 putaran atau 30 derajat, tidak perlu hingga mentok atau seperti busi baru,” ujarnya.

Sedangkan untuk melepas busi yang baik dan benar, usahakan dalam kondisi mesin yang sudah dingin.


Karena bila melapas busi saat mesin masih panas, akan membuat drat pada silinder rentan untuk rusak atau istilahnya slek.

0 Comments

Posting Komentar